• enewnumber13

7 Jajanan Ciri khas Semarang yang Untuk Oleh-oleh Mudik Lebaran

Semarang adalah satu diantara kota wisata yang popular di Jawa Tengah. Tidak hanya tempat wisatanya, Semarang pula mempunyai macam kuliner ciri khas yang lezat, yang sayang sekali untuk ditinggalkan saat bertandang kesana. Ditambah lagi saat kamu tengah mudik Lebaran, kuliner ciri khas ini harus sekali kamu bawa serta deh entahlah buat kamu sendiri atau diberikan dengan rekan-rekan dan tetangga seputar rumah raja score.

Nah, ingin tahu apa jajanan ciri khas Semarang yang dapat kamu bawa serta menjadi oleh-oleh? Baca uraiannya di sini ya!

1. Lumpia

Makanan yang satu ini memang masih tetap jadi salah makanan ciri khas Semarang yang banyak sekali yang berminat. Hingga tidak bingung, jika mudik datang beberapa pemudik pasti jadikan makanan ini menjadi oleh-oleh yang perlu dibawa pulang. Nah untuk raja score yang mudik ke Semarang, jadi makanan ini tidak bisa terlewati demikian saja. Terbuat dari kombinasi rebung, udang, telur serta daging jadikan makanan ini mempunyai perasaan yang gurih, renyah serta nikmat.


Tidak susah untuk memperoleh Lumpia. Kamu dapat memperolehnya di semua pedagang oleh-oleh di Semarang. Tetapi, sebaiknya kamu beli langsung Lumpia ini dalam tempat asli pertama Lumpia dibuat. Tempatnya ada di Jalan Gang Lombok No. 11, samping Klenteng Tay Kak Sie. Lumpia di sini masih tetap memakai resep asli yang dipertahankan dengan turun temurun.


Nah, jika kamu ingin pesan lumpia lebih baiknya pesan yang telah digoreng sebab lebih awet. Lumpia goreng bisa bertahan saat tiga hari, sedang lumpia basah cuma dapat bertahan saat 24 jam.


2. Tahu bakso

Tidak hanya lumpia, ada tahu bakso yang tidak kalah nikmatnya buat kamu buat jadi oleh-oleh mudik. Ada dua jenis bakso yang dapat kamu pilih yakni tahu bakso goreng serta tahu bakso rebus. Dagingnya juga ada beberaa pilihan seperti sapi, ayam, kepiting serta bandeng dan binatang lainnya.


Tahu bakso pertama-tama di jual oleh Ibu Pudji, seseorang masyarakat Ungaran. Pada tahun 1995, dia mengawali usaha tahu bakso dengan menjajakannya ke kantor-kantor pemerintahan yang berada di Ungaran serta Semarang. Sebab banyak yang suka pada jajanan ini, pada akhirnya Bu Pudji jadikan tahu bakso menjadi ladang bisnisnya yang sukses sampai saat ini. Nah untuk kamu yang ingin membelinya, tahu bakso dapat kamu temukan di beberapa toko oleh-oleh ciri khas Semarang terutamanya jalan Pandanaran.


3. Bandeng presto juwana

Untuk kamu nih pengagum ikan, jadi oleh-oleh ini harus sekali kamu beli. Beralamat di Jalan Pandanaran 57 serta Jalan Pamularsih 70, Semarang. Jika berkunjung ke tempat ini kamu seperti masuk ke surga bermacam olahan ikan bandeng lezat. Beberapa variasi yang dapat kamu pilih diantaranya abon bandeng, bandeng duri lunak, bandeng asap, serta otak-otak bandeng.


4. Kue leker

Ada satu jajanan yang tetap ramai setiap harinya. Satu warung kaki lima bernama Leker Paimo yang ada di Jalan Karanganyar Nomer 37, Semarang. Karena sangat nikmatnya tempat ini tetap ramai pengunjung bahkan juga mesti ikhlas antre panjang untuk membelinya.


Harga nya yang relatif cukuplah murah yakni dibandrol mulai Rp 4.000 sampai Rp 20.000, bergantung variasi perasaan yang kamu kehendaki. Jika kamu ingin membelinya, semestinya belilah kue type tipis kering serta disimpan dalam wadah kedap hawa supaya awet.


5. Wingko babat

Wingko babat sebenarnya bukan jajanan ciri khas Semarang, tetapi datang dari satu kecamatan di Lamongan, yakni Babat. Nyonya Mulyono yang pada awalnya tinggal di Babat, pada akhirnya geser ke Semarang serta dari sinilah pada akhirnya wingko mulai diperkenalkan.


Banyak beberapa pelancong yang tertarik beli kue berupa bundar pipih yang rasa-rasanya legit ini. Kombinasi perasaan yang dibuat dari kelapa muda pilihan serta gula jadikan wingko mempunyai perasaan ciri khas makanan yang lezat. Tidak cuma perasaan kelapa, eingko babat pula mempunyai variasi perasaan yang lain seperti cokelat, nangka, durian, serta perasaan yang lain.


6. Roti ganjel rel

Dengar namanya, kemungkinan membuat kamu bingung ya? Tetapi tenang, walau namanya aneh rasa-rasanya tidak aneh kok. Malah roti ini mempunyai perasaan ciri khas spesial. Roti ini terbuat dari tepung tapiok, santan, air nira, gula serta kayu manis menjadi penambah aroma enak. Menjadi pemanis penampilan, rot ini umumnya diberi wijen.


Walau eksistensinya telah mulai sirna, kamu masih tetap dapat menemukannya di lokasi pasar Johan, Jalan K.H Agus Salim atau di Waroeng Semawis.


7. Roti Brilian

Roti Brilian atau Briliant Cake serupa dengan kue lapis Surabaya biasanya. Rasa-rasanya yang lembut, gurih, manis dan taburan almond jadikan roti ini banyak dicari wisatawan untuk oleh-oleh.


  • enewnumber13

Yuk Intip 6 Panduan Menaruh Kue Lebaran Supaya Masih Awet

Sesaat kembali hari Raya Idul Fitri akan selekasnya datang, automatis beberapa persiapan telah mulai dikerjakan untuk menyongsong Hari Raya. Diantaranya dengan mempersiapkan kue dalam beberapa type. Dari mulai kue basah sampai kue kering untuk menyongsong kedatangan tamu dan sanak saudara yang akan bertandang sebelum nikmati beberapa makanan berat seperti opor ayam serta ketupat. Beberapa bahan kue juga telah mulai kamu beli untuk membuat di dalam rumah, serta minat untuk makan di KFC juga menyusut.


Sayangnya, kadang kue lebaran yang diberikan tidak langsung habis saat Hari Raya. Ada banyak bekas yang sayang untuk dibuang dan rawan dengan basi atau berjamur. Nah agar kue lebaranmu masih dapat awet sampai lama, yuk ikuti 6 tips-nya di bawah ini.

1. Yakinkan kue dalam kondisi kering

Sebelum menaruh kue kering langsung ke toples, yakinkan kue yang kamu bikin telah betul-betul dingin. Kue kering yang barusan keluar dari oven serta masih tetap panas condong rawan serta teksturnya masih tetap lembek. Jadi lebih baiknya diamkan saja dahulu, simpan dalam satu wadah untuk mendinginkan. Sesudah betul-betul telah dingin baru dimasukkan ke toples.


2. Taruh kue sesuai type serta teksturnya

Sebab type kue yang kamu punya telah pasti banyak, jadi langkah terbaik kamu mesti dapat menaruh kue itu sesuai struktur serta macamnya. Kue memiliki tekstur renyah seperti kuping gajah, kue bawang, lebih baik disimpan memakai toples kaca yang kedap hawa. Sesaat kue seperti nastar, kastengel, semestinya disimpan memakai toples plastik yang tidaklah terlalu tinggi supaya tidak gampang remuk.


3. Janganlah sembarang pilih toples serta imbuhkan silica gel


Kue yang sudah siap dimasukkan ke toples, tidak langsung bisa kamu masukan demikian saja. Ada banyak perihal yang perlu kamu lihat dengan benar, contohnya toples dalam kondisi betul-betul bersih serta kering. Imbuhkan pula silica gel di toples untuk menyerap suhu ruang toples supaya masih terbangun dari hawa lembab.


Jika kamu malas beli silica gel kamu dapat membuat sendiri kok. Kamu cukuplah masukkan 1-2 sendok teh garam dapur, lantas bungkus dengan kertas tisu, atau kain bersih dan susun kue di atasnya.


4. Berikan susunan kertas di tiap-tiap layer

Supaya kue yang telah kamu taruh masih rapi serta tidak melekat keduanya, jadi imbuhkan susunan kertas disetiap layer, terutamanya untuk kue kering yang gampang rusak. Diluar itu, penampilan kue pula bebas dari remah-remah kue yang akan membuat kue tampak lebih rapi serta cantik.


5. Taruh di hawa sejuk serta kering

Menaruh kue telah benar, tetapi kamu meletakkannya dalam tempat sembarang seperti dekat dengan paparan cahaya matahari langsung. Ya telah bersiap saja kuemu akan cepat melembek serta selesai jamuran. Jadi, janganlah sembarang menyimpan toples kuemu ya. Taruh dalam tempat yang betul-betul kering serta sejuk, hindari dari paparan cahaya matahari langsung juga dari makanan yang bau tajam.

6. Taruh di kulkas

Ini panduan sangat ampuh serta panduan yang lain. Dibanding bingung dengan semua triknya, jadi langkah terbaik ialah taruh saja kuemu di kulkas. Ditanggung deh kuemu akan masih kering serta awet. Bahkan juga dapat bertahan sampai beberapa waktu bila kamu menyimpannya di freezer.


Telah tidak bingung kembali kan langkah menaruh kuemu supaya masih enak dikonsumsi untuk bahan beberapa waktu? So, kue manakah saja nih yang sudah kamu untuk buat menyongsong hari Raya ShopBackers?


  • enewnumber13

5 Minuman Membuka Puasa yang Praktis Ini Nyatanya Jelek Untuk Berbuka Puasa

Berbuka puasa memang sangat nikmat berbuka dengan suatu yang manis. Ditambah lagi iklan sirup di tv makin menggoyahkan iman. Arah konsumsi minuman manis waktu berbuka puasa ialah untuk meningkatkan kandungan gula darah yang hilang sesudah sepanjang hari berpuasa. Untuk meningkatkan gula darah, kurma adalah makanan terunggul sampai sekarang ini.

Tetapi tidak selama-lamanya semua hal yang manis pula baik untuk berbuka. Minuman manis yang sampai kini banyak dianjurkan malah beresiko buat badan. Seperti beberapa minuman tersebut yang malah tidak dianjurkan untuk dikonsumsi saat berbuka puasa. Wah, mengapa ya?

1. Es teh manis

Minuman ini banyak jadi target kebanyakan orang. Tidak hanya rasa-rasanya yang nikmat, es teh manis pula gampang untuk dibikin. Tetapi tahukah kamu bila es teh manis cuma memiliki kandungan sukrosa? Walau sebenarnya badan kita memerlukan fruktosa serta glukosa pula sesudah sepanjang hari berpuasa supaya gula darah jadi konstan.


Konsumsi es teh manis sesudah makan pula tidak baik buat badan. Karena teh dapat menyerap kandungan magensium pada tubuh. Tidak bingung bila kamu gampang diserang anemia. Tentu kamu tidak ingin kan waktu puasa justru diserang anemia?


2. Susu full krim

Susu full krim memang minuman kaya kalsium serta menyehatkan. Tetapi semestinya kamu tidak konsumsi minuman ini waktu berbuka. Kandungan lemak dalam susu full krim membuat kerja lambung berasa berat.


Situasi lambung yang belum konstan membuat susu full krim susah diolah Hingga dapat mengakibatkan perut kembung serta gampang buang angin. Untuk konsumsi susu fullcream, kamu dapat meminum satu sampai dua jam sesudah berbuka. Pada situasi ini lambung telah dalam situasi konstan.


3. Minuman berkarbonasi

Tampak beri kesegaran, faktanya minuman berkarbonasi malah menyiksa pencernaan kamu. Kandungan gula serta gas yang tinggi di minuman berkarbonasi membuat lambung alami radang. Ke-2 kandungan itu bila di mengkonsumsi dalam periode panjang dapat menginfeksi lambung.


Kandungan karbon pula memang membuat tenggoraknmu fresh saat itu juga. Tetapi gampang pula membuat badan dehidrasi. Mengkonsumsi minuman berkarbonasi dapat juga mengacaukan skema tubuhmu. Jadi janganlah bingung bila tubuhmu gampang lemas sebab minuman bersoda sesudah berbuka puasa.


4. Kopi

Situasi lambung yang memerlukan penyesuaian sesudah sepanjang hari berpuasa membuat kopi termasuk minuman yang tidak wajar dikonsumsi. Cafein yang berada di dalam kopi bisa melukai serta mengakibatkan kerusakan mukosa lambung. Mengakibatkan minum kopi dapat merangsang asam lambung.


Ditambah lagi bila kamu termasuk orang yang mempunyai penyakit maag. Jauhi kopi waktu berbuka puasa. Bila kamu memang ingin minum kopi, sesudah shalat tarawih adalah waktu yang cocok sebab dalam situasi ini lambung telah dalam kondisi konstan.


5. Air es

Air adalah elemen terpenting yang diperlukan badan untuk menangani dehidrasi. Konsumsi air putih dapat kembalikan ion yang sudah hilang sepanjang hari. Tetapi berlainan perihal dengan air es. Air es cuma akan membuat dahaga kamu hilang dalam sekejap. Sesudahnya, kamu akan haus kembali.


Minuman yang begitu dingin akan membuat kerja lambung lamban sebab mesti sesuaikan dengan suhu badan. Ditambah lagi, perut sudah lama tidak terisi makanan atau minuman waktu puasa. Lambung juga bakal kaget saat terima air es. Hal tersebut dapat menyebabkan perut berasa kembung atau penuh. Untuk berbuka puasa, semestinya dahulukan minum air putih yang tidak dingin.


Itu minuman yang tampak nikmat serta beri kesegaran tetapi tidak baik buat badan. Jangan pernah cuma tampak beri kesegaran, kamu justru minum asal-asalan. Jauhi minuman itu supaya puasa kamu lancar ya!


Join Our Mailing list

©2023 by Ania Gaudin. Proudly created with Wix.com

This site was designed with the
.com
website builder. Create your website today.
Start Now